Bagi para calon jama’ah yang akan merencanakan berangkat umroh ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umrah, khususnya untuk perencanaan biaya umroh, jamaah dapat menyesuaikan keberangkatan ibadah umrah dengan persiapan umroh.

Sebelum berangkat kesana, tentunya dengan cara memilih paket ibadah umrah dari suatu travel dengan mempertimbangkan dan menyesuaikan 3 hal yaitu waktu, biaya, dan cuaca.

Persiapan Umroh Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

Waktu

persiapan umrah

Jika jamaah memilih pergi ibadah umrah di musim liburan atau menjelang Ramadhan,hal yang harus diperhatikan dalam persiapan umroh adalah biaya yang dikeluarkan pasti akan lebih besar.

Pertama dikarenakan pada musim-musim tersebut biasanya peminat ibadah umrah meningkat. Kedua, saat ini banyak sekali terjadi persaingan ketat antar sesama maskapai penerbangan.

Jika Anda ingin mencari harga paket umroh murah, ambillah paket ibadah umrah setelah musim ibadah haji berakhir yaitu pada bulan Januari, Februari, Maret, dan April.

Pada masa ini, harganya biasanya terbilang lebih murah dibandingkan paket ibadah umroh untuk bulan Desember, Juni dan Juli.

  • Persiapan pada hari libur sekolah. Dalam rangka hari liburan sekolah, anak-anak juga dapat diajak dan menjadi bahan edukasi kepada anak-anak. Suatu keindahan tersendiri bisa berangkat bersama keluarga.
  • Ambil cuti akhir tahun bagi yang bekerja.
  • Ibadah umroh ini cocok juga bagi Anda yang ingin melakukan renungan tafakur & muhasabah akhir tahun di Tanah Suci.

Biaya

tips persiapan umroh

  • Harap hindarilah penentuan persiapan umroh yakni jadwal umrah pada waktu atau saat-saat high season, umumnya high season ini berlangsung dibulan Juni, Juli, Agustus, disaat high season harga paket umrah jadi mahal.

    Biaya umrah akan lebih besar ketika umrah pada musim liburan, dan menjelang musim haji atau menjelang Ramadhan, karena umumnya pada musim-musim tersebut peminat dari jama’ah umroh akan meningkat. Saat ini begitu banyak terjadi persaingan ketat antar sesama maskapai penerbangan.

  • Rencanakan berangkat serta daftar paket umrah jauh-jauh hari, dikarenakan umumnya travel mempunyai program promo paket umroh apabila jamaah telah mendaftar jauh hari pada mulanya serta tanyakan program potongan harga yang ada.
  • Perhatikanlah serta tanyakan biaya-biaya lain yang barangkali timbul, semisal airport handling, perlengkapan ibadah umrah, suntik vaksin, ongkos city tour dsb, minta info apakah ongkos ibadah umroh telah all in atau belum.
  • Pilihlah dari sekian banyak jasa travel umroh dan yakinkan akan berangkat melalui travel umrah apa? Kunjungi lokasi kantornya.
  • Minta dan lihat paket umroh yang ditawarkan, terkait jadwal dan biaya paket umrah tersebut. Semakin banyak paket city tour tentu akan menambah biaya umroh.
  • Periksa pesawat yang digunakan apa maskapai penerbangan Garuda, Ettihad atau Saudi Airlines atau lainnya? Setiap maskapai akan  berbeda harganya dan fasilitas kenyamanannya.

Cuaca

persiapan umroh

Jika musim panas, bawa selalu botol air minum dan kacamata, kalau musim dingin bawa jaket.

  • Arab Saudi memiliki iklim gurun.
  • Juni – Agustus : Musim panas, temperatur 44 ºC.
  • November – Januari : Musim dingin.
  • Februari – Mei : Kondisi normal. Suhu seperti di Indonesia pada umumnya.

Bagi Anda yang tidak bermasalah dengan cuaca dan ingin mengejar keutamaan pahala ibadah umrah, maka berangkatlah pada bulan Ramadhan. Karena beribadah umrah dalam Ramadhan, pahalanya sama besar dengan pahala berhaji.

Meskipun pahalanya sama besar, ibadah umroh tidak dapat menggantikan kedudukan ibadah haji sebagai rukun Islam. Anda tetap diwajibkan berhaji walaupun sudah melakukan ibadah umrah di bulan Ramadhan.

Semoga proses dari berangkat umroh hingga prosesi beribadah Anda dengan memperhatikan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk umroh ini akan mendapatkan keberkahan dan kenyamanan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here