Perlengkapan umroh pria dan wanita – Mengingat bahwa cuaca dan suhu di kota Makkah ini sangatlah panas, dan kadang-kadang juga bisa berubah dingin di malam hari nya.

Membuat Anda para jamaah pastinya harus mempersiapkan segala sesuatu nya, persiapan tersebut baik berupa persiapan fisik, mental, serta persiapan perlengkapan pribadi atau barang bawaan Anda baik perlengkapan umroh untuk pria maupun wanita.

Perlengkapan umrah pria dan wanita yang harus Anda siapkan betul-betul adalah, seperti pakaian syar’i yang tetap nyaman di segala cuaca saat beribadah umroh.

Ibadah umroh atau yang biasa disebut dengan haji kecil ini memang suatu ibadah yang tidak pernah surut peminat nya. Berbeda dengan ibadah haji, ibadah umrah ini dapat Anda lakukan setiap waktu dan sepanjang tahun.

Tidak seperti ibadah haji yang untuk keberangkatanya Anda harus menunggu waktu bahkan sampai bertahun-tahun. Lalu perlengkapan umroh apa saja yang harus disiapkan untuk pria dan wanita? Dapat Anda simak ulasan nya di bawah ini sebagai berikut :

Perlengkapan umroh yang harus dibawa

Perlengkapan umroh untuk pria

perlengkapan umrah pria by alsha travel news

  1. Pakaian Ihram, baju ihram pria adalah satu atau lebih lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan, dan satu dari lainnya dapat digunakan untuk salin. Warna pakaian ihram disunahkan putih. Anda dapat membawa minimal dua setel baju ihram.
  2. Ikat pinggang ihram yang dikenal dengan sebutan ihram belt.
  3. Sandal, penggunaan sandal tidak boleh menutup mata kaki.
  4. Kaos putih. Dapat berupa kaos panjang ataupun pendek putih.
  5. Gunting rambut kecil untuk tahalul. mencukur minimal 3.
  6. Gunting kuku, penggunaanya sebelum memakai baju ihrom.
  7. Parfume non alkohol, begitu pula dengan parfum dipakai sebelum memakai ihram.
  8. Kain Sarung, Anda dapat membawa 2 lembar sarung sebagai persediaan.
  9. Al Quran kecil dan buku doa. Sebagai salah satu perlengkapan umroh yang wajib. Selain sebagai panduan dalam melaksanakan haji, juga sebagai pegangan sehari-hari.
  10. Kaca mata hitam. Keadaan yang langsung berkenaan dengan sinar matahari, Anda dapat bawa kacamata hitam, supaya lebih nyaman dalam melaksanakan ibadah.
  11. Sajadah kecil dan tipis. Membawa sajadah yang tipis agar mudah dilipat untuk dimasukkan dalam kantung, untuk sholat pada saat perjalanan dari miqat ke Makkah dan sholat sehari-hari di Masjidil Haram.
  12. Kantong sandal dari plastik atau kain guna menyimpan sandal saat sholat di masjidil Haram atau masjid Nabawi.
  13. Masker nosk untuk kesehatan pernafasan Anda. Masker ini terbilang sesuai syariat islam. Penggunaanya cukup di lubang hidung tanpa menutupi hidung ataupun bagian mulut. Sehingga dapat Anda gunakan saat melaksanakan haji ataupun umroh dan boleh.
  14. Cream pelembab kulit. Usahakan tidak boleh mengandung parfum. Penggunaan cream pelembab supaya kulit tidak kering pada saat cuaca ekstrim.
  15. Kantong urine haji untuk kondisi darurat saat antrian toilet di arafah. Disaat bersamaan ingin buang air kecil dan Antri. Air seni berubah jadi jel dalam waktu 9 detik dan dapat menghilangkan bau. Setelah digunakan, harap langsung dibuang pada tong sampah supaya ramah lingkungan.

Perlengkapan umroh untuk wanita

perlengkapan umroh wanita by alsha travel news

  1. Baju untuk sehari-hari sekiranya cukup untuk tiga hari tidak mencuci, karena biasanya ibadah umroh selama 9-15 hari dan sesuaikan juga dengan jadwal yang akan dilakukan di tanah suci.
  2. Baju ihram.
  3. Baju tidur 2 atau 3 stel, yang nyaman untuk dipakai.
  4. Kaos kaki untuk dipakai sehari-hari, sehingga paling tidak membawa 3-4 pasang.
  5. Buku do’a dan al-qur’an kecil, jika ada do’a yang masih perlu di hafal sehingga tidak kerepotan lagi
  6. Mukena, boleh dengan bawahannya, atau sekedar atasannya saja karena bawahannya bisa langsung dengan rok dan kaos kaki yang digunakan. Selama masih menutup aurat dengan benar.
  7. Pakaian dalam cukup untuk dipakai dalam waktu sampai 3 hari, jadi terdapat jeda waktu untuk dapat memcucinya.
  8. Pentyline dan pembalut untuk persiapan jika tiba-tiba datang bulan,keputihan dan lain-lain sehingga dapat menghindari najis dan menghemat pakaian.
  9. Alat mandi, seperti shampoo, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, sabun cuci muka, minyak wangi.
  10. Bawa alat make up yang biasa dipakai, seperti bedak, pelembab dan hand body yang biasa digunakan untuk melindungi kulit, karena udara disana kering.
  11. Kaca mata dan masker, diperlukan ketika dalam perjalanan ke luar supaya terlindung dari panas cahaya matahari dan juga debu.
  12. Obat-obatan yang biasa digunakan sehingga tidak berlebihan. Misalnya minyak angin, obat magh, vitamin, suplemen/vitamin, obat diare, obat flu, obat pusing.
  13. Sandal dan sepatu santai yang bisa digunakan sehari-hari maupun bepergian.
  14. Dan juga di rekomendasikan untuk membawa jaket untuk antisipasi jika diperlukan

Semoga perjalanan ibadah umroh Anda dengan tips perlengkapan umroh ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan umroh diri lahir maupun batin secara baik.

Dengan itu, insyaallah perjalanan umroh Anda mendapatkan keberkahan serta mabrur. Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here