Melalui bahasa atau etimologi pengertian haji dan umroh ialah menyengaja atau menuju. Mari kita mulai dengan pengertian haji, sesuai dengan istilah (terminologi) yaitu, menyengaja pergi ke tanah suci (Mekkah) untuk beribadah, menjalankan tawaf, sa’i, serta wukuf di Arafah maupun menjalankan seluruh ketentuan haji pada waktu yang sudah ditentukan dan juga dilakukan dengan tertib.

Setelah itu pengertian haji dan umroh, untuk umrah sendiri secara bahasa atau etimolog ialah dari kata i’tamara artinya berkunjung.

Dan definisi umrah secara syariat Islam berarti berkunjung ke Baitullah (Masjidil Haram) dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memenuhi syarat-syaratnya dengan waktu yang tak ditentukan seperti pada haji.

Dalil tentang haji dan umroh – Pengertian Haji dan Umroh

Hukum dan dalil yang mensyariatkan haji dan umrah firman Allah SWT dalam QS. Ali Imran ayat 97, merupakan dasarnya umat muslim melakukan ibadah haji:

pengertian haji dan umroh by alsha travel news

“Dan kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitulloh, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha kaya dari seluruh alam.”

Selain itu, untuk ibadah haji dan umroh juga terdapat perintahnya dalam QS. Al-Baqarah ayat 196 sebagai berikut:

dafinisi haji dan umrah

“… Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah kalian karena Allah.”

Rosululloh SAW juga menyampaikan, dasar kewajiban haji berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Abu Huroiroh sebagai berikut:

“Bangunan Islam ini memiliki lima tiang penegak; bahwa bersaksi tiada yang disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusanNya, mendirikan salat, menunaikan zakat, puasa di bulan Romadhon dan melakukan haji ke Baitulloh bagi orang yang mampu melakukan perjalanan ke sana.”

Melalui dalil-dalil yang dijelaskan tersebut, bahwa hukum haji adalah wajib bagi orang yang telah mampu. Sedangkan umrah hukumnya sunnah.

Tatawwu merupakan tidak diwajibkan, tetapi sangat baik dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dijadikan keutamaan mengerjakannya daripada meninggalkan karena tatawwu mempunyai ganjaran pahala. Perintah haji diwajibkan hanya sekali seumur hidup. Seperti yang dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas berikut:

“Wahai sekalian manusia, sungguh Allah telah mewajibkan bagi kalian haji maka berhajilah kalian!”

Seseorang berkata: “Apakah setiap tahun, ya Rasulullah?”

Beliau terdiam sehingga orang tersebut mengulangi ucapannya tiga kali. Lalu Rasululloh SAW berkata:

“Kalau aku katakan ya, niscaya akan wajib bagi kalian dan kalian tidak akan sanggup.”

Kemudian beliau berkata:

“Biarkanlah apa yang aku tinggalkan kepada kalian. Sesungguhnya orang sebelum kalian telah hancur karena mereka banyak bertanya yang tidak diperlukan dan menyelisihi nabi-nabi mereka. Jika aku memerintahkan sesuatu kepada kalian maka lakukanlah sesuai dengan kesanggupan kalian. Dan jika aku melarang kalian dari sesuatu maka tinggalkanlah.”

Dari pemaparan dan penjelasan diatas mengenai pengertian haji dan umroh semoga bisa menjadi referensi dan bisa menjadi manfaat serta menambah wawasan bangi Anda tentang umroh dan haji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here