Sebenarnya ada banyak barang atau benda yang bisa anda jadikan oleh-oleh umroh. Tak perlu mahal, oleh-oleh umroh atau buah tangan tersebut bisa anda beli dengan harga yang cukup terjangkau langsung dari negera asalnya yakni Saudi Arabia. Tidak ada salahnya jika anda mengecek rekomendasi oleh oleh umroh berikut ini.

Sajadah

travel umroh bersama alsha tour

Ibadah sudah, sekarang saatnya memilah buah tangan yang bisa anda jadikan kenang-kenangan. Biasanya agen travel akan memberikan rekomendasi bagi calon jama’ah untuk mendapatkan buah tangan.

Salah satunya, sajadah. Sajadah asal Turki, Arab Saudi, dan China mendominasi di toko oleh-oleh umroh. Bahannya berbulu dan tebal, nyaman untuk dipakai sehari-hari. Banyak sekali pilihan sajadah dalam berbagai desain, motif, dan ukuran. Misalnya, sajadah-sajadah.

Referensi sebagai oleh-oleh umroh :

  • Sajadah Masjidil Haram dan Nabawi: sebagai kenangan tak terlupakan memakai sejadah bergambar dua mesjid bersejarah ini. Motif kaligrafi juga populer dipilih. Harganya sesuai bahan, tapi anda bisa menyiapkan uang sekitar 10 – 100 riyal atau 35 ribu sampai 350 ribu rupiah.
  • Sajadah mini: karena ukurannya yang kecil, sajadah ini bisa anda bawa kemana-mana tanpa makan banyak tempat. Ini akan sangat menguntungkan dan bermanfaat bagimu. Selain bisa dipakai sendiri, anda bisa mejadikannya kado untuk teman atau suvenir pernikahan.
  • Sajadah umum: ukuran ini ukuran biasa yang dipakai untuk shalat. Anda bisa membelinya jika butuh, atau ingin dijadikan oleh-oleh umroh untuk tetangga.
  • Sajadah panjang: merupakan jenis sajadah yang sering anda temui di masjid atau mushala. Modelnya  panjang, mudah dibersihkan, dan digulung jika sedang tak dipakai.
  • Sajadah musafir: dari namanya saja, bisa ditebak bahwa sajadah ini dibuat untuk anda para pelancong yang sering bepergian. Ukurannya kecil, tidak berat karena bahannya tipis, biasanya dibuat dari nylon. Anda bisa melipat dan menyimpannya di dalam tas. Sajadah khusus musafir ada juga yang dilengkapi dengan kompas untuk menunjukkan arah kiblat jika anda kebetulan berada di antah berantah.
  • Sajadah eksklusif: memakai kualitas bahan yang bagus, tebal, dan tahan lama. Anda bisa memilih yang wangi ataupun yang tidak berbau. Wah, dijamin ibadahmu makin menyenangkan!

Kosmetik Arab

oleh oleh umroh alsha travel news

Barang kedua yang sering digunakan sebagai oleh-oleh umroh, adalah alat rias. Kosmetik dari negeri Arab ini juga unik dan layak dikoleksi, terutama bagi kaum hawa. Parfum, celak mata, lipstik hare, atau kutek, adalah oleh oleh umroh yang paling sering dibeli jamaah.

Kenapa membeli alat kosmetik? Selain murah, Anda juga tidak perlu bingung mengemasnya karena ukuran mereka kecil-kecil sehingga tak perlu banyak ruang. Untuk mendapatkan kosmetik ini cobalah ke Pasar Al-Balad, disana ada toko populer bernama Toko Ali Murah.

Toko ini sering sekali menjadi tujuan bagi jamaah asal Indonesia dikarenakan nama dari toko tersebut menggunakan bahasa Indonesia, uang yang di gunakan dalam pembayarannya pun menggunakan rupiah.

Sipat mata hitam atau celak, harganya berkisar 1 hingga 5 riyal, alias Rp 3.500 sampai Rp 17.500. Beli yang banyak untuk kerabat di rumah agar anda dapat harga murah.

Umumnya agen travel umroh juga memberi kesempatan pada jamaah untuk berbelanja di Balad sebelum pulang ke tanah air. Tetapi pada saat adzan berkumandang, toko ini akan tutup utuk melaksanakan sholat setelah itu akan buka kembali.

Kurma

oleh-oleh umroh

Oleh-oleh umroh kurma – Kurma termasuk oleh-oleh umroh yang paling digemari jamaah. Cobalah kunjungi kebun kurma di Madinah untuk mendapatkan kurma berkualitas. Akan banyak sekali jenis kurma yang anda temui di sini, membuat bingung melihat berkotak-kotak kurma di sana. Berikut adalah list dari kurma-kurma tersebut:

  • Kurma Barhi. Si cokelat manis satu ini mudah anda dapatkan di segalam musim, terutama saat bulan Ramadhan tiba. Warnanya cokelat terang dan uniknya banyak diburu orang karena rasanya yang seperti karamel.
  • Kurma Sokari. Bertekstur lembut, ada juga yang keras. Saat dimakan, kurma sokari terasa agak kering, tapi tetap manis.
  • Kurma Sekki. Rasanya tak terlalu manis dan punya dua warna, yaitu warna kekuningan di bagian atas, dan kecokelatan di bagian bawah. Yang berwarna kekuningan terasa lebik keras dibanding bagian berwarna kecokelatan yang lebih empuk.
  • Kurma Silaj. Warnanya cokelat kemerahan dan berbentuk lonjong ini memiliki daging buah yang terasa lembut di mulut namun rasanya kurang manis.
  • Kurma Khidri. Berwarna marun pekat serta sedikit  manis. Saat dikunyah, anda akan merasa kurma ini kenyal dan lebih kering. Umumnya dipilih sebagai bahan baku untuk kurma isi orange, almond, dan bahan adonan cokelat.
  • Kurma Monief. Bentuknya sebesar kurma lain dan rasanya agak manis, dagingnya pun terasa lembut di mulut sehingga jadi favorit pembeli.
  • Kurma Majol. Sekilas terlihat seperti kurma khidri, terasa kenyal dan lembut. Namun bedanya berwarna cokelat mengkilap dan terasa sangat manis.
  • Kurma Ajwa. Berwarna hitam, ukurannya juga lebih kecil dari yang lain, terasa lembut dan tidak manis sekali. Kurma yang harganya cukup mahal ini cuma bisa anda temui di Madinah. Istimewa karena kurma ini dipercaya sebagai kurma kesukaan Nabi Muhammad saw

Itulah beberapa rekomendasi terbaik dalam memilih oleh oleh umroh. Somoga bisa menjadi referensi bagi Anda ketika menjalankan ibadah umroh ke Tanah Suci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here