Manasik Umroh 2020 – Umrah ialah ibadah yang dianjurkan dalam Islam jika mampu secara ilmu, fisik dan ekonomi. Umrah dilakukan kapan saja kecuali saat bulan Arafah dan hari Tasyrik. Umrah ini sudah ada sejak lama sejak zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Segala yang berkaitan dengan umrah, baik tata cara, manasik umrah, doa telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Sebelum melakukan umrah ke Tanah Suci sebaiknya kita belajar dan memperkuat ilmu agama kita. Cara memperkuat ilmu tentang Islam kita sebaiknya rajin beribadah, menjauhi apa yang dilarang oleh Allah dan melakukan hal yang disukai oleh Allah.


Mengapa umat Islam melakukan ibadah umrah di Tanah Suci Mekkah dan kenapa harus melakukan manasik umroh?

manasik umroh

Manasik Umroh 2020 – Ini mungkin menjadi pertanyaan sebagian orang, mengapa harus tanah suci, mengapa tidak di negara Palestina atau di tempat lain? Hal ini bisa dijawab karena Tanah Suci merupakan ladang pengampunan bagi manusia di dunia, segala dosa yang telah kita lakukan Insya Allah akan diampuni oleh Allah SWT selama kita memohon dengan khusyu’.

Setiap cara yang dilakukan pada saat umroh mulai dari ihram, sa’i, hingga tahalul memiliki fungsi yakni untuk meminta ampunan kepada Allah SWT, apalagi jika dilakukan di waktu yang mustajab pasti doa yang di panjatkan akan dikabulkan Allah SWT selama di Tanah suci.

Selain itu juga sholat-sholat sunnah dan amalan-amalan baik seperti sedekah dan memperbaiki hubungan sesama manusia (hablumminannas) juga di perlukan sebelum umrah, sehingga ilmu agama kita sudah kuat untuk bekal pergi umrah namun biasanya sebelum umrah kita akan dibimbing untuk melakukan manasik umrah terlebih dahulu, yang saat ini ada pada manasik umroh 2020.

Setelah kita yakin bahwa ilmu agama kita sudah mencukupi untuk melaksanakan ibadah umrah, ada baiknya kita melakukan manasik umroh 2020 seperti yang diadakan oleh jasa-jasa agen travel. Tujuan melakukan manasik umrah sebelum berangkat ke Tanah Suci adalah untuk menghindari kesalahan yang dilakukan sehingga ibadah umrah yang dilakukan menjadi tidak sah.

Doa Manasik Umroh :

manasik umroh 2020

Prosesi ketika manasik umrah :

Untuk melakukan manasik umroh kita harus paham syarat, tata cara pelaksanaan umrah beserta doanya. Syarat yang harus dipenuhi ketika akan melakukan umrah yaitu beragama Islam, dewasa (baligh), berakal sehat (tidak gila), mampu secara ilmu, fisik dan biaya dan mampu mencukupi keluarga yang ditinggalkan selama umrah.

Sedangkan rukun umrah merupakan hal yang harus dikerjakan ketika manasik umroh. Rukun ibadah umrah adalah ihram (niat) dari miqot, tawaf, sa’i, tahalul).

  • Tata cara yang dilakukan untuk ibadah umrah dimulai dari niat di miqat (miqat yang dimaksud adalah batas tempat yang telah ditetapkan untuk memulai ibadah umah).
  • Setelah membaca niat, maka cara yang kedua untuk melaksanakan ibadah umroh ialah thawaf atau mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, yang dimulai dari Hajar Aswad dan selesai ditempat yang sama.
  • Kemudian tata cara umrah yang ketiga ialah sa’i, yaitu lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali. Ketika sa’i dianjurkan mengangkat tangan seperti yang Rasulullah SAW contohkan.
  • Dan prosesi manasik umroh yang terakhir adalah tahalul atau mencukur rambut sebanyak 3 helai.

Peta umrah membantu calon jamaah umrah dalam melakukan doa umrah/manasik umroh agar dapat memahami saat atau diwaktu yang tepat untuk berdo’a.

Pada tahun ini sudah banyak jasa travel yang menyelenggarakan manasik umroh 2020 yang bertujuan untuk memberi edukasi kepada calon jama’ah ketika pelaksanaan umrah nanti. Semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here