Ibadah Umroh 2020 di bulan Ramadhan terdapat pada bulan April sampai Mei. Banyak calon jama’ah yang sangat antusias untuk bisa umroh di bulan ramadhan. Mengapa ibadah umrah Ramadhan (lailatul qodar) begitu besar antusiasmenya, karena besarnya amalan yang diganjar saat Ramadhan.

Setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Amalan sunnah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan maka pahala yang diperolehnya senilai dengan amalan fardhu. Adapun hal yang terkait dengan mana yang lebih utama beribadah umrah di bulan ramadhan atau umroh di bulan Dzulqa’dah.

Maka yang perlu diketahui adalah tidak ada satupun penjelasan dari Nabi yang menjelaskan keutamaan umroh di bulan Dzulqa’dah. Akan tetapi yang ada adalah sebuah fakta bahwa ibadah umroh yang Nabi lakukan selalu dilaksanakan di bulan Dzulqa’dah.

Maka dari itu, ketika Allah memilihkan bulan Dzulqa’dah sebagai waktu umrohnya Nabi, disitu terjadi perselisihan antar ulama, lebih utama mana umrah di bulan Ramadhan atau Dzulqa’dah.

Karena Nabi selalu melakukan umroh di bulan Dzulqa’dah. Jumhur ulama berpendapat bahwa keutamaan beribadah umrah di bulan Ramadhan itu lebih kuat. Adapun beribadah umrah di bulan Dzulqa’dah, tidak ada dalil yang menjelaskan keutamaannya kecuali keutamaan menyesuaikan diri dengan perbuatan Nabi.

Beribadah umroh di bulan Ramadhan ada dalil yang menyebutkan keutamaannya, tidak seperti beribadah umrah di bulan Dzulqa’dah walaupun umroh di bulan Dzulqa’dah pun adalah sebuah ibadah yang utama.

Sehingga ibadah umrah di bulan Ramadhan sesuai dengan sunnah yang Rasulullah ucapkan. Keutamaan dari beribadah umrah di bulan Ramadhan ini karena adanya balasan pahala dari Allah SWT yang begitu luar biasa.

Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Setiap ibadah yang dilaksanakan saat bulan Ramadhan, niscaya pahalanya akan dilipatgandakan.

Inilah bulan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Baik itu ibadah shalat, zakat, sedekah, infak, mengaji Alquran, dzikir, shalawat dan lain sebagainya. Demikian juga dengan ibadah umrah.

Keutamaan Ibadah Umroh 2020 di Bulan Ramadhan :

  • Di bulan Ramadhan, adalah dimana ada hari-hari yang kemungkinan turunnya lailatul qodar. Jadi, saat kita beribadah dibalas dengan banyak kebaikan, insyaa Allah berkemungkinan bertemu satu malam yang nilainya lebih baik dari 1.000 bulan.
    ibadah umroh malam seribu bulan by alsha travel news
  • Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa. Setiap amal dilipat gandakan berlipat-lipat. Amalan yang sunnah, jika dilaksanakan pada bulan Ramadhan maka pahala yang diperoleh senilai dengan amalan fardhu. Ramadhan juga adalah kesempatan untuk memohon ampun atas segala dosa.
  • Nabi pernah bersabda bahwa, shalat di Masjid Nabawi sama dengan shalat 100.000 rakaat. Sedangkan di bulan Ramadhan, pahala ibadah itu oleh Allah akan dilipat gandakan. Bayangkan, 100.000 dikalikan berkali-kali lipat, hasilnya tak terhingga.
  • Rasulullah menganjurkan umatnya untuk beribadah umrah di bulan Ramadhan. Selain pahala ibadahnya sama dengan haji, beri’tikaf di Masjidil Haram di Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha, pahalanya juga akan dilipatgandakan. ”Mereka yang beribadah di Masjidil Haram dalam Ramadhan, pahalanya sama dengan 100 ribu kali ibadah di bulan lain.
  • Dari sisi nilai ibadah umroh di bulan Ramadhan memang sangat tinggi ganjarannya. Lalu, manakah yang lebih utama, awal, pertengahan atau akhir Ramadhan? Semuanya utama, tetapi umumnya jamaah lebih banyak berkumpul di 10 hari terakhir Ramadhan.

Memperbanyak Ibadah di Tanah Suci

Sepatutnya, ibadah umroh 2020 di bulan Ramadhan adalah merupakan momen untuk melakukan amal ibadah dengan penuh ketenangan lebih baik introspeksi diri menjadikan pribadi yang lebih baik. Baik di awal Ramadhan, pertengahan maupun akhir Ramadhan.

10 malam terakhir bulan ramadhan

Ibadah Umroh Ramadhan Sangat Dianjurkan

Bagi muslim yang mampu, umroh ke Tanah Suci di bulan Ramadhan itu sangat dianjurkan. Mengapa? Karena ibadahnya itu sendiri merupakan ibadah yang utama, selain itu, Ramadhan merupakan bulan yang sangat berkah.

Perpaduan beribadah umrah dan Ramadhan menghasilkan suatu keutamaan-keutamaan yang sangat luar biasa. Pada tahun ini merupakan kesempatan kita untuk bisa ibadah umroh 2020  ke Tanah Suci di bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan April sampai Mei.

Itu sebabnya, Rasulullah SAW menganjurkan umrah pada waktu Ramadhan terutama pada malam lailatul qodar. Biaya umroh di awal Ramadhan sekitar 25 juta sampai 30 juta. Sedangkan biaya umrah pada akhir Ramadhan adalah sekitar 36 juta. Mari kita ambil dan manfaatkan kesempatan ini, untuk dapat ibadah umroh 2020 di bulan Ramadhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here